Archives


2011

Vol 1, No 2, Oktober (2011): Bioma

PETUNJUK BAGI PENULIS

 

1.  Bioma menerima naskah artikel ilmiah bidang biologi / pendidikan biologi dari para pembaca yang belum dan tidak akan dipublikasikan pada media cetak lain.

2. Substansi naskah dapat berupa hasil penelitian empirik, atau kajian teoritis yang ditujukan untuk memajukan teori yang ada, atau mengadaptasi teori pada suatu keadaan setempat, dan / atau hasil penelaahan teori dengan tujuan menga-nalisis dan menyintesis teori-teori yang ada.

3. Naskah diketik hanya pada satu sisi halaman, dengan jarak 1,5 spasi, dan  3—4 cm dari  tepi kertas. Semua halaman diberi nomor. Naskah dapat disertai sarana pelengkap yang tepat dan relevan. Panjang naskah 15—20 halaman kuarto (A4). Naskah dikirim beserta CD-nya.

4. Judul hendaknya informatif, spesifik, ringkas, dan mengandung kata-kata kunci yang mendeskripsikan isi naskah, serta hindari penggunaan simbol-simbol yang kompleks.  Panjang  judul maksimum 12 patah kata.

5.  Judul pelari (running title) terdiri atas 3—5 patah kata, atau tidak lebih dari 50 huruf.

6. Baris kepemilikan (by-line) yang terdiri dari nama (nama-nama) penulis, dan afiliasi institusional (nama lembaga tempat penulis bekerja) ditulis lengkap dan jelas, beserta alamat dan kode posnya, dan / atau alamat e-mail.

7.  Naskah hasil penelitian ditulis menurut sistematika sebagai berikut.

a.  Judul, diikuti baris kepemilikan

b. Abstrak indikatif (intisari) yang memuat informasi yang terkandung di dalam naskah secara gamblang, yang meng-gambarkan esensi keseluruhan tulisan. Panjang abstrak antara 50 dan 100 kata, ditulis dalam satu alinea atau pa-ragraf dengan bahasa inggris, dan bahasa Indonesia.

c.  Kata-kata kunci yang terdiri atas 3—6 kata, ditulis di bawah abstrak.

d. Pendahuluan yang memuat:  deskripsi subjek; latar belakang teoritis dan historis; rumusan  permasalahan yang akan dicari pemecahannya; pernyataan hipotesis (jika ada);  tujuan yang akan dicapai; metode yang digunakan, ditulis tanpa subheading.

e. Material dan Metode, yang memuat informasi tentang tempat dan waktu penelitian  (survai); subyek, bahan, alat; dan prosedur, termasuk teknik analisis dan interpretasi data, dengan model statistik yang cocok.

f.  Hasil dan Pembahasan

g.  Kesimpulan

h.  Daftar Pustaka

8. Naskah kajian teoritis ditulis dengan sistematika: Judul; Baris Kepemilikan; Pendahuluan yang memuat deskripsi subjek dalam bentuk tesis (cenral thesis), latar belakang teoritis dan historis, rumusan permasalahan (jika ada), dan tujuan penulisan; Batang Tubuh yang terdiri atas: informasi esensial, atau analisis, sintesis, interpretasi, dan evaluasi, terha-dap teori / informasi yang dikaji, dibagi menjadi beberapa subkepala (subheading); Kesimpulan; Daftar Pustaka.

9.  Sitasi kepustakaan dilakukan dengan sistem nama-dan-tahun, seperti contoh berikut.

Menurut Bellrose (1999) ….       atau        … (Bellrose 1999)

Menurut Bellrose and Lowe (1998) ….         atau          … (Bellrose and Lowe 1998)

Untuk tiga penulis atau lebih: Sukarja et al. (2000)….        atau  … (Sukarja et al. 2000).

10.Nama (nama lokal) organisme disertai nama ilmiah, ditulis secara lengkap beserta nama authornya pada saat pertama kali menyebutkan dalam teks. Selanjutnya nama genus dapat disingkat.

11. Varietas hasil budi daya diberi nama kultivar dan ditulis dengan cara mengapit dengan tanda petik tunggal, atau di -dahului dengan singkatan “CV”.  Misalnya:  Zea mays „Arjuna‟ atau  Zea mays CV. Arjuna

12. Penulisan daftar pustaka mengacu  pada model  / gaya CMS (Chicago Manual of Style), dan penulisan nama (nama-nama) menganut sistem Vancouver. Pustaka disusun secara alfabetis menurut nama pengarang. Jangan memasukkan pustaka tulisan sendiri; karena mengacu pada diri sendiri (self citation) akan mengurangi nilai terbitan.

 

Buku dengan author tunggal, dan dua author atau lebih:

Miller, G.T., Jr. 2005.  Living in the environment  principles, connections, and solutions. 4th  ed. Australia: Thomson Brooks/Cole.

Botkin, D.B., and E.A. Keller. 2005. Environmental science. 5th ed. USA: John Wiley & Sons, Inc.

 

Karangan dalam buku atau koleksi:

Wirjahardja, S. 1987. Rice cultivation in Indonesia. In Weeds of rice in Indonesia, ed. M. Soerjani, A.J.G.H. Kostermans, G. Tjitrosoepomo, 5—13, Jakarta: Balai Pustaka.

Artikel dalam Jurnal Cetak:

Jarrell, K.F., D.P. Bayley, J.D.Correia, and N.A. Thomas. 1999. Recent excitement about the archaea. Bio Science, 49 (7):530—541.

 

Artikel Jurnal pada Internet:

Tripp, S., T. London, and Spend. 2005. Greeting the protein.  J Growth, 10 (9): 2022—2030.  http://www.Growth.com/ 2005109/tripp.htm

13.Dalam hal diperlukan ucapan terima kasih (acknowledgement) agar ditulis pada bagian akhir sebelum daftar pustaka.


1 - 3 of 3 Items    


ISSN: 2086-5481