KEEFEKTIVAN UJIAN NASIONAL SEBAGAI SALAH SATU PARAMETER PENDIDIKAN NASIONAL

Nizarrudin Nizarrudin, Achmad Buchori, Supandi Supandi

Abstract


Ujian nasional sebagai salah satu standar mutu pendidikan nasional sampai saat ini masih menjadi polemik yang tak kunjung selesai, ada berbagai kendala yang menyebabkan diantaranya standar pelayanan kepada peserta didik baik fasilitas maupun SDM, banyak sekolah-sekolah swasta yang belum memenuhi standar pendidikan. Sekolah-sekolah tersebut dari sisi Standar Nasional Pendidikan (SNP) masih sangat dikatakan di bawah standar. Diakui atau tidak, sekolah- sekolah tersebut cukup mempengaruhi kualitas pendidikan khususnya kota semarang, dilain pihak pemerintah bersikukuh bahwa Ujian Nasional tetap harus dilakukan,

Populasi pada penelitian ini adalah seluruh SMA/MA negeri dan swasta se-kota semarang dan sampelnya adalah 35 sekolah SMA/MA negeri dan swasta se-kota semarang. Data yang diperoleh dengan tes dan angket dengan hasil analisis tes SMA/IPA : Yang lulus 98,62%, SMA/MA IPS : Yang lulus 97,57%, SMA/MA BAHASA : Yang lulus : 96,30%. Dari hasil angket diperoleh 62,8% responden menyatakan bahwa UN masih diperlukan sebagai salah satu parameter pendidikan nasional dan 38,2% responden menyatakan bahwa UN kurang tepat.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ujian nasional di kota Semarang masih objektif jika digunakan sebagai salah satu parameter pendidikan nasional, dibuktikan dengan hasil UN yang cukup signifikan. Kemudian setuju bahwa UN masih dijadikan salah satu parameter pendidikan nasional. Masih ada siswa yang tidak lulus meskipun ada sistem ujian remedial. Perlu dilakukan pemerataan fasilitas pembelajaran di seluruh sekolah se kota semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.